The Power of Habit (4) Kebiasaan Kunci, Atau Balada Paul O’Neill -Kebiasaan Mana yang Paling Berarti



O’Neill CEO Aluminum Company of America (Alcoa) tahun 1987, percaya bahwa sejumlah kebiasaan memiliki kekuatan untuk memulai reaksi berantai, mengubah kebiasan-kebiasaan lain seraya menyebar ke seluruh organisasi. Dengan kata lain, sejumlah kebiasaan lebih penting daripada kebiasaan lain dalam reka bisnis dan kehidupan. Inilah “kebiasaan-kebiasaan kunci”, yang bisa memperngaruhi bagaimana orang bekerja, makan, bermain, hidup, membelanjakan uang, dan berkomunikasi. Kebiasaan-kebiasaan kunci memulai proses yang lama kelamaan mengubah segala sesuatu.
             Kebiasaan-kebiasaan kunci menyatakan bahwa keberhasilan tidak bergantung pada melakukan segala sesuatu dengan benar, melainkan justru mengandalkan identifikasi segelintir prioritas kunci dan membentuk prioritas menjadi tuas-tuas yang berdaya.  Pemahaman kebiasaan kunci, kebiasaan-kebiasaan yang paling penting adalah kebiasaan yang sewaktu mulai berubah menggoyahkan dan mencipta ulang pola-pola lain. Kebiasaan-kebiasaan kunci menjelaskan mengapa sebagian orang, setelah bertahun-tahun mencoba, mendadak kehilangan berat dua puluh kilo seraya menjadi produktif di tempat kerja dan masih bisa pulang tepat waktu untuk makan malam bersama anak-anak mereka.
             Bila kita berfokus pada mengubah atau menanam kebiasaan-kebiasaan kunci, kita bisa menyebabkan perubhan yang meluas. Tapi, mengidentifikasi kebiasaan kunci memang susah-susah gampang. Untuk menemukannya, kita harus tahu di mana mencairnya. Mendeteksi kebiasaan-kebiasaan kunci berarti mencari-cari ciri-ciri tertentu.. kebiasaan-kebiasaan kunci menawarkan apa yang dikenal dalam literature akademik sebagai “small wins”, “kemenangan kecil”. Kebiasaan-kebiasaan kunci membantu kebiasaan-kebiasaan lain berkembang dengan menciptakan struktur-struktur baru, dan membantu memantapkan budaya di mana perubahan menular.
             Kemenangan kecil merupakan bagian cara kebiasaan kunci menciptakan perubahan yang meluas. Kemenangan kecil memiliki daya luar biasa, pengaruh yang jauh lebih besar daripada pencapaian kejayaan itu sendiri. “Kemenangan kecil adalah penerpan konstan suatu keunggulan kecil’, seorang professor Cornell menulis, “Begitu satu kemenangan kecil mendorong perubahan-perubahan transformative dengan mengungkit keunggulan-keunggulan kecil menjadi pola-pola yang meyakinkan orang bahwa mereka bisa meraih pencapaian yang lebih besar. “kemenangan-kemenangan kecil tidak berpadu dalam bk yang rapi, linear, dan berngakai, dengan setiap langkah sebagai langkah yang semakin mendekati suatu tujuan yang ditentukan sebelumnya”. Tulis karl Weick, seorang ahli psikolog, “Yang lebih umum terjadi adalah situasi ketika kemenangan-kemenangan kecil terpencar-pencar bagaikan percobaan-percobaan mini yang menguji teori-teori tersirat mengenai penolakan dan kesempatan dan mengungkapkan sumber dauya maupun rintangan yang tak terlihat sebelum situasi itu muncul”.
             Inilah cara terakhir kebiasaan-kebiasaan kunci mendorong perubahan yang meluas, menciptakan budaya di mana nilai-nilaiu baru tertanam kuat. Kebiasaan kunci menjadikan pilihan berat, misalnya memecat eksekutif tinggi lebih udah, sebab ketika orang itu melanggar budaya, jelaslah mereka harus angkat kaki. Terkadang budaya-budaya itu mewujudkan diri dalam kosakata khusus, yang penggunaanya sendiri menjadi kebiasaan suatu organisasi. Budaya tumbuh dari kebiasaan-kebiasaan kunci dalam setiap organisasi, terlepas dari apakah para pemimpin menyadarinya atau tidak.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan SOP Dalam Proses Bisnis di PT Mayora Indah Tbk

Atomic Habits (20) Pengorbanan dalam Menciptakan Kebiasaan Baik

Quantum Learning (7) Teknik Mencatat Tingkat Tinggi