Atomic Habits (8) Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Tidak Dapat Ditolak

 Kaidah Kedua Perubahan Perilaku adalah menjadikannya menarik. Makin menarik suatu kesempatan, makin besar peluangnya untuk menjadi kebiasaan. Kebiasaan adalah lingkaran umpan balik yang digerakkan oleh dopamine. Ketika kadar dopamine meningkat, begitu pula motivasi kita untuk beraksi. Antisipasi terhadap ganjaranlah, bukan pemenuhannya, yang membuat kita melakukan aksi. Makin besar antisipasi, makin besar lonjakan dopamine yang terjadi. Paket godaan adalah satu cra untuk menjadikann kebiasaan Anda lebih menarik. Strategi ini adalah memasangkan aksi yang Anda inginkan dengan sebuah aksi yang Anda butuhkan.

             Bila ingin meningkatakan peluang terjadinya perilaku, Anda perlu menjadikannya menarik. Tujuan kita adalah belajar cara menjadikan kebiasaan-kebiasaan kita tidak dapat ditolak. Karena tidaklah mungkin mengubah setiap kebiasan menjadi rangsangan yang supernormal, kita bisa menjadikan suatu kebiasaan lebih manarik. Untuk melakukannya, kita harus mulai dengan memahami apa yang dimaksudkan dengan gairah (craving) dan cara kerjanya.

             Kebiasaan adalah lingkaran umpan balik yang digerakkan oleh dopamine. Setiap perilaku yang sangat berpeluang menjadi kebiasaan, berhubungan dengan kadar dopamine yang lebih tinggi. Dopamin dilepaskan tidak hanya ketika Anda mangalami kenikmatan, tapi juga ketika Anda mengantisipasinya. Setiap kali Anda membayangkan suatu peluang akan memberikan ganjaran kepada Anda, kadar dopamine Anda melonjak karena antisipasi. Dan setiap kali dopamine melonjak, begitu pula motivasi untuk beraksi. Antisipasi terhadap ganjaranlah, bukan pemenuhannya yang membuat kita melakukan tindakan. Sistem ganjran yang diaktifkan dalam otak ketika Anda menerima ganjaran adlah sistem yang sama yang teraktifkan ketika Anda mengantisipasi ganjaran itu. Ini satu alasan mengantisipasi pengalaman sering kali bisa terasa lebih baik daripada ketika mendapatkannya.

             Otak Anda memiliki jauh lebih baik rangkaian sarf yang disediakan untuk mengingkan ganjran daripda menyukainya. Gairah adalah mesin yang medorong perilaku. Setiap aksi diambil karena antisiapasi yang mendahuluinya. Gairahlah yang membuat orang memberikan tanggapan.

             Anda lebih mungkin merasa suatu perilakuk menarik bila dapat melakukannya sambil melakukan sesuatu yang Anda sukai. Pakrt godaan adalah cara untuk menerapkan terori psikologi yang disebut Prinsip Premack. “Perilaku-perilaku yang lebih mungkin akan memperkuat perilaku-perilaku yang kurang mungkin”. Rumus untuk penggabungan penumpukan kebiasaan dan peket godaan :

1.      Setelah [KEBIASAAN SEKARANG], aku akan [KEBIASAAN YANG AKU PERLUKAN].

2.      Setelah [KEBIASAAN YANG AKU PERLUKAN], aku akan [KEBIASAAN YANG AKU INGINKAN].

Paket godaan adalah satu cara untuk menciptakan vrsi kebiasaan yang dilebihkan dengan menghubungkannya denga sesuatu yang sudah Anda inginkan. Tidaklah mudah merekayasa kebiasaan yang betul-betul tidak dapat ditolak, tapi strategi sederhana ini dapat diapkai untuk menjadikan kebiasaan pa pun lebih menarik daripada yang seharusnya.

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan SOP Dalam Proses Bisnis di PT Mayora Indah Tbk

Atomic Habits (20) Pengorbanan dalam Menciptakan Kebiasaan Baik

Quantum Learning (7) Teknik Mencatat Tingkat Tinggi